July 30, 2011

Be Aware For Asbestos

1 komentar
Indonesia terancam bencana ledakan asbestos pada 10-20 tahun ke depan jika penggunaan asbes tidak segera dihentikan. Perkiraan ledakan asbestos di Indonesia didasarkan pada pengalaman penggunaan asbes oleh negara-negara maju seperti Inggris dan Belanda. asbestos ialah material yang memiliki sifat tahan asam, panas, fleksibel, tidak menguap, tidak mudah dihancurkan di alam. Penggunaan asbestos untuk komponen kendaraan bermotor, mobil, atap rumah, plafon, insulant dan kabel listrik. Asbestos jika masuk ke dalam paru-paru akan melekat atau menusuk sel paru-paru, tetap di sana karena tubuh tidak dapat menghancurkannya. dan akan mengendam 2 sampai 5 tahun sehingga banyak sel mati dan mengakibatkan tidak dapat bernapas.
Penyakit akibat asbestos tidak bisa didiagnosis hanya lewat rontgen biasa. Tanda-tanda asbestosis hanya bisa diketahui jika penderita menjalani CT Scan pada organ paru-parunya. Risiko penyakit itu sendiri sangat bergantung pada kadar dan intensitas seseorang bersentuhan dengan asbestos.

Sejumlah negara telah melakukan pelarangan terhadap bahan baku itu setelah melojaknya penderita penyakit itu. Inggris misalnya, puncak penggunaan asbestos dalam industriya pada 1970 mengalami ledakan penderita asbestosis pada 1999. Sementara itu, Belanda yang mencatatkan konsumsi asbestos tertinggi pada 1976 mengalami ledakan penyakit asbestosis pada 1997. Jepang bahkan punya istilah Kubota Shock Wave untuk merujuk pada ledakan penyakit itu pada 2005.

Sejumlah kasus di berbagai negara itu menunjukkan risiko penyakit asbestosis tidak hanya menjangkiti pekerja yang bekerja dalam industri yang menggunakan bahan itu. Penyakit itu ditemukan juga pada warga yang tinggal dalam radius dua kilometer dari pabrik akibat ikut menghirup debu asbestos.

Mayoritas negara Eropa, serta Amerika Serikat, Jepang, Korea Selatan sudah merilis aturan yang melarang penggunaan bahan itu, termasuk produk barang yang dihasilkannya. Menyusul Thailand yang kini tengah menyusun aturan serupa. Saat ini banyak negara negara berkembang yang mayoritas masih menggunakan bahan baku itu. Indonesia sendiri mengimpor bahan baku itu dari Rusia, Kanada, dan Brazil.

Dari data yang diperoleh, impor bahan baku asbestos ke Indonesia mulai mengalami lonjakan mulai 2000, setelah bahan baku ini mulai diperkenalkan di industri Indonesia sejak 1951. Pada 2006 impor bahan baku itu menembus 60 ribu ton per tahun, yang menempatkan Indonesia di posisi 10 besar pengguna bahan itu, dan pada 2009 sudah mencapai 90 ribu ton per tahun dan mendudukkan Indonesia di posisi 4 dunia.(TI)
Saat ini sedang dibahas mengenai regulasi mengenai penggunaan limbah asbestos. Regulasi tersebut nanti akan mengatur pelarangan dan penggunaan asbestos oleh pabrik serta masyarakat. Masyarakat hingga sekarang belum sadar bahwa serbuk asbes bisa mengakibatkan penyakit.

informasi selanjutnya.... ASBESTOS BERBAHAYA




1 komentar:

  • 3:17 AM, November 21, 2018

    Menangkan Jutaan Rupiah dan Dapatkan Jackpot Hingga Puluhan Juta Dengan Bermain di www(.)SmsQQ(.)com

    Kelebihan dari Agen Judi Online SmsQQ :
    -Situs Aman dan Terpercaya.
    - Minimal Deposit Hanya Rp.10.000
    - Proses Setor Dana & Tarik Dana Akan Diproses Dengan Cepat (Jika Tidak Ada Gangguan).
    - Bonus Turnover 0.3%-0.5% (Disetiap Harinya)
    - Bonus Refferal 20% (Seumur Hidup)
    -Pelayanan Ramah dan Sopan.Customer Service Online 24 Jam.
    - 4 Bank Lokal Tersedia : BCA-MANDIRI-BNI-BRI

    8 Permainan Dalam 1 ID :
    Poker - BandarQ - DominoQQ - Capsa Susun - AduQ - Sakong - Bandar Poker - Bandar66

    Info Lebih Lanjut Hubungi Kami di :
    BBM: 2AD05265
    WA: +855968010699
    Skype: smsqqcom@gmail.com

Post a Comment

Photobucket